Ekonomi

Rupiah Diperkirakan Konsolidasi Menunggu Hasil Pertemuan The Fed

INDOPOSCO.ID – Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu ()28/7, diperkirakan terkonsolidasi menunggu hasil pertemuan bank sentral Amerika Serikat The Fed.

Rupiah dibuka menguat 3 poin atau 0,02 persen ke posisi Rp14.490 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.493 per dolar AS.

“Secara umum, rupiah bergerak konsolidatif dalam kisaran sempit sejak awal pekan ini karena pasar mengantisipasi hasil rapat kebijakan moneter bank sentral AS yang akan dirilis dini hari nanti,” kata pengamat pasar uang Ariston Tjendra di Jakarta, Rabu (28/7).

Menurut Ariston, indikasi kebijakan tapering bisa mendorong penguatan dolar AS ke depan, tapi sebaliknya penegasan mempertahankan pelonggaran moneter bisa mendorong pelemahan dolar AS.

Hari ini, lanjutnya, konsolidasi masih mungkin terjadi. Nilai tukar rupiah mungkin menguat mengikuti penguatan nilai tukar negara berkembang lainnya terhadap dolar AS pagi ini.

“Tapi penguatan mungkin tidak jauh karena faktor bank sentral AS itu dan tekanan dari kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia yang masih tinggi,” ujar Ariston seperti dikutip Antara, Rabu (28/7/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button