Ekonomi

Rupiah Berpeluang Menguat Ditopang Turunnya Kasus Baru Covid-19

INDOPOSCO.ID – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan berpeluang menguat, ditopang turunnya jumlah kasus baru Covid-19 di Indonesia.

Pada pukul 9.52 WIB, rupiah menguat tipis satu poin atau 0,01 persen ke posisi Rp14.387 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.388 per dolar AS.

“Sentimen pasar keuangan terlihat negatif terhadap aset beresiko pagi ini dengan melemahnya indeks- indeks saham regional. Dengan sentimen itu, rupiah mungkin bisa ikut melemah hari ini,” tutur Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra saat dihubungi di Jakarta, Senin (16/8).

Menurut Ariston, kekhawatiran pasar yang meninggi terhadap laju kenaikan permasalahan baru Covid-19 dunia karena versi Delta, mungkin jadi salah satu alasan sentimen alih risiko tersebut.

“Namun di sisi lain, permasalahan Covid-19 yang mulai menyusut serta aktivitas masyarakat yang mulai dilonggarkan di Indonesia akan membantu menahan pelemahan nilai tukar rupiah serta mungkin bisa berubah menguat,” ucap Ariston, dikutip dari Antara.

Jumlah kasus harian Covid-19 di Tanah Air terus menyusut di mana pada Ahad (15/8) mencapai 20.813 kasus sehingga total jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 3,85 juta kasus.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button