Nasional

Rumah Solusi Bea Cukai Permudah Ekspor

INDOPOSCO.ID – Dalam rangka mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional (PEN) Bea Cukai secara berkesinambungan memacu kegiatan ekspor di berbagai daerah. Kerja sama dilakukan dengan para pelaku usaha, instansi pemerintah daerah, dan pihak-pihak terkait lainnya. Upaya tersebut dilakukan lewat kegiatan asistensi dan pemberian informasi terkait tata laksana ekspor.

Bea Cukai Kudus mengadakan sharing session pembentukan rumah solusi ekspor yang dihadiri pengusaha mebel yang tergabung dalam Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Jepara. Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo, mengungkapkan bahwa Bea Cukai Kudus mencoba mendukung para pelaku ekspor dengan membentuk suatu wadah yang dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi saat ekspor.

“Wadah tersebut nantinya akan menjadi tempat para pengusaha pelaku ekspor dan instansi terkait yang menangani ekspor, bertemu. Diharapkan wadah tersebut dapat menjawab permasalahan para pengusaha pelaku ekspor di Jepara dengan cepat, sehingga kegiatan ekspor dapat berjalan lancar dan membantu meningkatkan ekonomi nasional,” ungkap Gatot.

Pembentukan rumah solusi ekspor juga dilakukan oleh Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat. Media ini merupakan suatu wadah informasi sekaligus terobosan yang dimiliki Bea Cukai Wilayah Jawa Barat sebagai one stop solution untuk menjawab berbagai permasalahan yang timbul dalam penyelenggaraan kegiatan di bidang pelayanan publik. Salah satu perusahaan yang telah memanfaatkan rumah solusi ekspor impor ini adalah PT Yakjin Jaya Indonesia yang berada di bawah pengawasan Bea Cukai Bogor.

“Dalam kunjungannya kali ini, PT Yakjin berkonsultasi terkait prosedur perizinan fasilitas Kawasan berikat atas proses akuisisi yang dilakukan PT Yakjin Jaya Indonesia terhadap PT Viana Unggul Garmindo,” ungkap Nurtanti Widyasari, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kantor Bea Cukai Wilayah Jawa Barat.

Diharapkan melalui wadah Rumah Solusi Ekspor Impor ini, Bea Cukai Jabar dapat menjawab berbagai permasalahan yang dialami oleh seluruh stakeholder/perusahaan dalam mengembangkan industrinya sehingga pondasi perekonomian nasional khususnya di wilayah Jawa Barat akan semakin kuat dan berkembang.

Masih di wilayah Jawa Barat, Bea Cukai Tasikmalaya memberikan asistensi fasilitas kepabeanan kepada PT Ablasi Priangan Lestasi yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industry pengolahan kayu. Dari asistensi tersebut, PT Albasi Priangan Lestari direkomendasikan mendapat fasilitas Kawasan Berikat. Sebelumnya perusahaan tersebut juga telah mendapat fasilitas KITE Pembebasan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button