Internasional

Rumah Sakit Austria Salah Amputasi Kaki Pasien

INDOPOSCO.ID – Sebuah rumah sakit di Austria salah mengamputasi kaki pasien dan menyebut itu sebuah kesalahan manusia alias “kesalahan tragis”. Pasien lansia yang seharusnya diamputasi kaki kanannya, malah diamputasi kaki kirinya. Demikian pernyataan Freistadt Clinic, di Kota Freistadt berbatasan Ceko seperti dikutip Antara, Jumat (21/5/2021).

Pria tersebut mengidap penyakit yang berdampak pada kakinya, sampai-sampai kaki kirinya harus diamputasi. Namun kesalahan tampaknya terjadi tidak lama menjelang operasi, ketika kaki yang akan diamputasi ditandai. Ternyata petugas medis salah memberi tanda dan menyebabkan kesalahan amputasi.

“Kami sangat syok bahwa, meski dengan standar jaminan kualitas, kaki yang salah dari pria berusia 82 tahun … diamputasi,” kata pihak klinik, seraya menambahkan bahwa kesalahan itu awalnya diketahui saat mengganti perban pada Kamis (20/5/2021) pagi.

“Sayangnya kesalahan, di mana kaki kanan yang diamputasi dan bukan kaki kiri, terjadi akibat serentetan keadaan yang tidak menguntungkan,” kata pernyataan itu.

Pihak rumah sakit sedang menyelidiki apa yang terjadi dan akan meninjau standar mereka. Pasien diberikan bantuan psikologis dan masih harus menjalani operasi lainnya untuk mengangkat kaki kirinya dari paha bagian tengah. “Operasi segera dijadwalkan,” katanya. (wib)

Sponsored Content
Back to top button