Headline

Ruang Publik Digital Pengaruhi Demokratisasi dan Kontestasi Ideologi Politik Gerakan Islam

INDOPOSCO.ID – Kehadiran ruang publik digital telah memberikan dampak bagi kehidupan bernegara. Termasuk dalam proses demokratisasi dan kontestasi ideologi politik gerakan Islam di Indonesia.

Pernyataan tersebut diungkapkan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, dalam Sidang Promosi Doktor di Universitas Islam Negeri (UIN) IN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (5/8), secara daring.

Menurut dia, kehadiran ruang publik digital telah mengakibatkan demokratisasi dan fragmentasi otoritas keagamaan, serta mempertajam kontestasi dan polarisasi ideologis antara gerakan Islamis dan organisasi Islam arus utama di Indonesia.

“Kami menemukan bahwa ruang publik digital telah memfasilitasi gerakan Islamis (HTI dan FPI) untuk memproduksi dan mendistribusikan wacana ideologi politik alternatif di luar batasan sempit lembaga formal dan politik elektoral,” terangnya.

Ia mengatakan, pemerintah terus berupaya membatasi struktur peluang politik bagi kelompok Islamis, sebagaimana tercermin dalam kebijakan pembubaran HTI dan FPI. Tapi itu tidak menghalangi mereka untuk memengaruhi persepsi dan opini publik di ruang digital.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button