Nusantara

RS Lapangan untuk Masyarakat Mamuju Diresmikan

INDOPOSCO.ID – 14 Januari 2021 gempa berkekuatan 5,4 dan 6,2 SR telah mengguncang Mamuju, Majene dan wilayah sekitar di Provinsi Sulawesi Barat dengan berbagai dampak kerusakan dan juga korban jiwa. Rumah sakit dan kantor Gubernur Sulawesi Barat luluh lantak sementara ribuan rumah warga rusak. Proses evakuasi warga yang tertimbun reruntuhan gedung Rumah Sakit Mitra Mamuju berlangsung ditemukan 5 korban meninggal dunia.

Basarnas menyampaikan data terbaru korban gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,2 yang mengguncang wilayah Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menewaskan 105 korban yakni sebanyak 95 orang di Kabupaten Mamuju dan 10 orang di Kabupaten Majene, Sementara, jumlah korban luka-luka akibat gempa bumi di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene sebanyak 6.489 jiwa. Kemudian 92.075 jiwa terdampak dan terpaksa mengungsi di sejumlah titik pengungsian.

Sebagai lembaga kemanusiaan yang berkhidmat pada pelayanan, pembelaan dan pemberdayaan masyarakat yang memutuhkan, Dompet Dhuafa melalui Disaster Manajemen Center (DMC) Dompet Dhuafa, Dompet Dhuafa Cabang Sulawesi Selatan dan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa hadir sejak hari kedua gempa hingga saat ini berkoordinasi dengan BNPB, pusat krisis kesehatan kemenkes, BPBD, Dinas kesehatan dan pihak terkait lain bekerjasama dalam berbagai aksi respon kemanusiaan, dengan membuka pos Dompet Dhuafa di wilayah mamuju dan majene dengan program evakuasi korban bencana, layanan pos medis termasuk mengirimkan dokter spesialis bedah, membuka layanan dapur umum dan dapur keliling, bantuan bahan pangan dan sembako, layanan psikososial, pembangunan MCK di 10 titik, musholla darurat 2 titik, sumur bor 7 titik, shelter/rumah darurat 40 unit dengan penerima manfaat sebanyak 2500 KK dan lebih dari 10.000 jiwa yang terdampak bencana gempa di wilayah Mamuju dan majene Sulawesi barat.

“Yang terbaru adalah penyediaan sarana prasarana kebutuhan RS Lapangan. Rumah sakit dan puskesmas adalah salah satu fasilitas layanan kesehatan yang diharapkan tetap berfungsi ditengah situasi dan dampak gempa yang terjadi. Sejalan dengan proses pemulihan yang masih memerlukan persiapan dan waktu, pemenuhan sarana RS lapangan yang menjadi RS Darurat dapat difungsikan sementara dan tetap berjalan melayani masyarakat,” ujar dr.Yeni Purnamasari, MKM selaku GM Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa di sela-sela peresmian Rumah Sakit Lapangan, Senin (29/3).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button