Megapolitan

Road Bike Melintas di Luar Jalur Sepeda, Ini Reaksi Komunitas Sepeda

INDOPOSCO.ID – Izin melintas sepeda jenis road bike di luar jalur khusus sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin menuai banyak kritik. Meski, itu hanya berlaku pada jam tertentu saat hari kerja, Senin hingga Jumat.

Komunitas sepeda listrik (elektrik bike/e-bike), Wild Rabbits menilai pemberian izin terhadap pesepeda balap atau road bike berbaur dengan kendaraan bermotor kurang tepat. Lantaran membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya.

“Jangan lah. Nggak disiplin juga. Sudah kayak yang punya jalan,” kata Pendiri komunitas sepeda listrik Wild Rabbits, Tjahyadi Kartono melalui gawai di Jakarta, Jumat (4/6/2021).

Izin bagi road bike itu bermula ketika munculnya sebuah foto yang menampilkan seorang pemotor mengacungkan jari tengah ke pesepeda road bike yang melintas di jalur kendaraan bermotor.

Padahal, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyediakan jalur paling kiri bagi para para pesepeda. Namun, kini Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria memberikan dispensasi tersebut.

Bahkan akan menerbitkan keputusan gubernur (kepgub) terkait kebijakan untuk road bike itu. Kebijakan tersebut tak disambut baik para pecinta sepeda. “Tidak setuju banget,” timpal Tjahyadi.

Di sisi lain, ia menilai arogansi pesepeda roda bike ketika berkedara di jalan raya yang seoalah-olah milik mereka. Terkadang tanpa mau berbaur atau bertegur sapa dengan pesepeda lain. “Dwngan pesepeda lain nggak mau saling tegur,” nilainya.

Selain mengizinkan sepeda jenis road bike masuk ke Jalan Sudirman-Thamrin di lajur kendaraan bermotor pada Senin-Jumat, Pemprov DKI berencana membuat Jalan Layang Non-Tol (JLNT) Kota Casablanca-Karet menjadi lintasan road bike permanen pada Sabtu-Minggu pukul 05.00-08.00 WIB. (dan)

Sponsored Content
Back to top button