Nasional

Risma: Tangani Bencana, Perlu Kearifan Lokal

INDOPOSCO.ID – Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan perlunya kearifan lokal dalam penanganan bencana, berkaca dari pengalamannya menangani banjir yang pernah melanda Kota Surabaya saat dia masih menjabat sebagai Wali Kota.

Risma meyakini jika kearifan lokal terjaga, dimana pemerintah dan masyarakatnya bahu membahu menjaga atau tidak merusak lingkungan, maka bencana seperti longsor dan banjir bisa diminimalisasi.

“Saya sudah buktikan dua periode memimpin Kota Surabaya dimana 52 persen yang dulunya wilayah banjir. Alhamdulillah berkat kerja sama dengan kearifan lokal, daerah itu berubah tidak lagi mengalami banjir,” kata dia dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dia teringat saat baru beberapa bulan dilantik menjadi wali kota, hujan besar terjadi dan 52 persen Kota Surabaya terendam banjir. Dia mengaku pernah nyaris menyerah.

“Saya tiga hari tiga malam tidak tidur. Bagaimana ini Surabaya terendam banjir. Saya kelilingi Surabaya, cari apa penyebabnya. Akhirnya di kawasan Jalan Mayjen Sungkono bisa diketahui penyebabnya, dari malam itu juga bisa diatasi,” kata dia.

Di Jalan Mayjen Sungkono rupanya diketahui banyak kabel atau utilitas yang sempat menjadi masalah. Risma langsung membuatkan desain jalur kabel yang tidak mengganggu sistem pengairan untuk mengatasinya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button