Nusantara

Ridwan Kamil Usulkan Program Rebana Metropolitan Jadi Proyek Strategis Nasional

INDOPOSCO.ID – Proyek Rebana Metropolitan dinilai sebagai pendorong terbesar ketiga untuk pertumbuhan ekonomi nasional. Tidak hanya itu, Rebana Metropolitan juga berpotensi menopang laju pertumbuhan ekonomi Jawa Barat (Jabar) hingga 7,13 persen dengan penyerapan tenaga kerja 4,39 juta orang dan proyeksi investasi 7,77 persen pada 2030.

Karena itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengusulkan program Rebana Metropolitan menjadi proyek strategis nasional kepada Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) RI.

“Saya berharap tim dari Bappenas akan menjadi quality control dalam proyek pengembangan kawasan strategis Rebana ini. Ini akan membantu pertumbuhan (ekonomi),” ujar Ridwan Kamil dalam keterangan resminya, Bandung, Kamis (25/2/2021).

Ridwan Kamil mengungkapkan pertumbuhan Rebana Metropolitan akan berada di kawasan Pelabuhan Patimban di Subang, Bandara Kertajati (BIJB) di Majalengka dan Cirebon. “Jika Rebana Metropolitan didukung Pusat, saya optimistis Jawa Barat dapat menyumbang satu persen pertumbuhan nasional,” ujarnya.

Ridwan Kamil mengatakan, apabila proyek Rebana Metropolitan digarap bersama Pusat, maka akan menghasilkan peningkatan persentase di 13 wilayah strategis nasional Cirebon, Patimban dan Rebana.

Ridwan Kamil juga berbicara terkait pengembangan Jabar Selatan terutama pembangunan infrastruktur sebagai stimulus pertumbuhan dan menghilangkan ketimpangan ekonomi.

Ridwan Kamil mengaku wilayah Jawa Barat bagian selatan sudah mendapat perhatian dari Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Ridwan Kamil meminta perlu ada intervensi infrastruktur dari Pusat agar tidak melulu menjadi kawasan terbelakang.

Program yang sedang dikebut Pemerintah Jabar ini, bertujuan untuk mengatasi semua masalah di wilayah selatan adalah pengembangan wilayah Jabar tengah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button