Nusantara

Ridwan Kamil Ingatkan Proyek “Silicon Valley” di Sukabumi Jangan Hanya Gimik

INDOPOSCO.ID – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengingatkan rencana pembangunan pusat riset di Kabupaten Sukabumi, jangan hanya gimik semata.

Mengambil nama Bukit Algoritma, kawasan ini akan dibangun mirip Silicon Valley di Amerika Serikat.

Menurut Ridwan Kamil, kawasan Silicon Valley yang ada di wilayah di Santa Clara Valley yang berada di bagian selatan Bay Area, San Fransisco, bisa berkembang baik karena memiliki tiga faktor pendukung utama yakni, berkumpulnya universitas yang di dalamnya terdapat periset, lalu industri pendukung yang mendukung inovasi, serta ada institusi finansial.

“Kalau tiga poin tadi tidak hadir dalam satu titik, yang namanya istilah silicon valley itu hanya gimmick branding saja,” kata Ridwan Kamil di Kota Bandung, Senin (12/4/2021).

Ia meminta pihak-pihak yang ingin merealisasikan proyek itu harus memikirkan tiga komponen utama dengan matang. Secara gagasan, ia mengaku mendukung adanya pusat riset yang ada di Indonesia.

Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil ini meminta pengembang atau orang yang terlibat dalam pembangunannya berhati-hati menggunakan istilah silicon valley.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button