Nusantara

Ridwan Kamil Diangkat Jadi Ambasador Gernas BBI

INDOPOSCO.ID – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) telah mengangkat Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menjadi ambasador Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, Gernas BBI akan digelar di Jabar pada April 2021. Pada awal Maret lalu, Kemenkop UKM sukses menggelar event Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021-Seri 1 yang penyelenggaraannya sebagai rangkaian Gernas BBI dan Bangga Berwisata #Di Indonesia Aja (BWI).

Menurut Teten, melalui program Gernas BBI, pihaknya ingin mendorong masyarakat menggunakan dan membeli produk bangsa sendiri.

Dia mengatakan, semua Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa go digital. Saat ini, UMKM yang go digital ada 12 juta UMKM targetnya bisa 30 juta. Setiap bulan, diharapkan ada 500 ribu UMKM yang go digital.

“Jabar jadi tuan rumah Gernas BBI pada April. Kami ingin UMKM di Jabar menguasai konsumsi masyarakat Indonesia. Nah Pak Emil yang jadi brand ambasador produk UMKM-nya,” ujar Teten kepada wartawan usai rapat koordinasi di Gedung Sate, Minggu (21/3/2021).

Dia mengungkapkan, pihaknya akan mengkurasi semua produk UMKM di April. Tiap hari produk UMKM itu akan dipromosikan dan mengajak masyarakat Jabar dan Indonesia untuk membeli produk UMKM Jabar.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kusmana Hartadji, Jabar jadi tempat penyelenggaraan Gernas BBI dipercaya oleh Menkop dan UKM.

“Pak Gubernur jadi ambassador. Dan sudah mulai mempromosikan juga beberapa produk UMKM. Ini bentuk kolaborasi. Akan muncul inovasi dan kolaborasi. Ini bela negara beli produk UMKM ada diskon khusus,” katanya.

Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Barat dan Perbankan, siap menggelar acara Sinergi Pekan Kerajinan Jawa Barat dan Karya Kreatif Jawa Barat 2021.

Pelaksanaan kegiatan ini kembali sebagai dukungan terhadap Gernas BBI dan BWI, khususnya untuk April tempat utamanya secara nasional adalah di Jawa Barat, dengan movement manager Kemenkop UKM. (dam)

Sponsored Content
Back to top button