Nusantara

Ribuan Pedagang Kecil di Kota Serang Dapat Bantuan Modal Rp 1,2 Juta

INDOPOSCO.ID – Dalam rangka memulihkan perekonomian akibat pandemi Covid-19, pemerintah menggelontorkan bantuan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Satu penerima dapat Rp1,2 juta.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Kadiskop UKM Perindag) Kota Serang, Wasis Dewanto mengatakan, jumlah pedagang yang mendapat bantuan modal dari pemerintah sebanyak 16.327. Hal itu terhitung sejak tahun 2017 silam.

“Banten produktif usaha mikro yang ditujukan bagi usaha terdampak. Besaran Rp1,2 juta,” katanya saat diwawancara, Sabtu (14/8/2021).

anymind

Ia menjelaskan, khusus tahun 2021 bantuan sudah ada tiga tahap dicairkan. Tidak semua pedagang yang mengajukan dapat bantuan. Pada tahap satu bulan April sebanyak 4.057 pengajuan, tahap dua bulan Juni 6.698 dan tahap tiga Agustus 3.082.

Namun dari jumlah itu, yang cair pada tahap satu hanya 972 pedagang. Tahap dua hanya delapan orang dan tahap tiga menunggu pencairan.

Pengajuan pedagang itu berdasarkan usulan dari tingkat kelurahan. Kebanyakan pedagang yang tidak cair lantaran tidak lolos verifikasi dari Kementerian. Biasanya tidak memiliki izin usaha.

“Harus ada izin usaha dari DPMTPSP melalui aplikasi OSS. Untuk tidak bermasalah, data sudah mengusulkan 3 kali di 2021,” jelasnya.

Untuk meningkatkan pendapatan di masa pandemi, pihaknya akan memberikan pelatihan usaha. Kegiatan itu bertujuan guna melatih kemampuan produksi dan bisnis.

“Kita akan mengadakan pelatihan usaha yang online. Apalagi jenis ekonomi bukan yang terpampang etalase. Ini cara temudah tidak perlu tempat. Pelatihan makanan dulu. Anak muda bisa mengambil di kuliner. Kedua, kerajinan untuk sovenir. Itu yang akan dikembangkan,” terangnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button