Nasional

RI Punya Pengawasan Genom yang Lebih Baik

INDOPOSCO.ID – Indonesia kini menjalankan upaya pengawasan dalam hal pengurutan genom (genome sequencing) yang lebih baik, menurut Menteri Riset dan Teknologi RI Bambang Brodjonegoro yang merujuk pada pembelajaran dari pengalaman Inggris dalam bidang itu.

“Terinspirasi dari apa yang dilakukan Inggris, sejak Maret tahun lalu saya sudah memulai upaya pengurutan genom, tetapi tidak ditujukan bagi pengawasan melainkan untuk tujuan riset,” kata Bambang dalam pertemuan forum sains Indonesia-Inggris, seperti dilansir Antara Kamis (25/2/2021).

“Namun dengan pengalaman Inggris, saya meminta kolega saya, Menteri Kesehatan, untuk berkolaborasi menjalankan pengembangan genom secara nasional […] dan saat ini Indonesia mulai mempunyai pengawasan genom yang lebih baik,” ujar Bambang menambahkan.

Pandemi Covid-19 yang terjadi lebih dari satu tahun belakangan ini diperparah oleh penemuan virus varian baru yang bermutasi, B.1.1.7, dengan kasus pertama terdeteksi di Inggris pada November 2020–yang kemudian dikenal sebagai “virus varian Inggris”.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button