Nasional

Revitalisasi KUA untuk Penguatan Moderasi Beragama

INDOPOSCO.ID – Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan salah satu program prioritas Kementerian Agama (Kemenag) untuk mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat guna meningkatkan kualitas umat beragama.

KUA merupakan teras depan Kemenag dalam pelayanan urusan agama di masyarakat harus memiliki performa yang baik, ramah dan tidak menyulitkan masyarakat. Ke depan KUA tidak hanya sebagai tempat untuk proses pencatatan pernikahan saja tetapi harus menjadi tempat untuk pembinaan keagamaan dan penyemaian praktik kehidupan moderasi beragama masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi saat mengunjungi salah satu KUA model di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (31/5). Dalam kunjungan tersebut Zainut didampingi Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jawa Timur Nurul Huda, Kepala Kantor Kemenag Sidoarjo Amir Sholehuddin.

Zainut menyampaikan terdapat empat tujuan strategis dari revitalisasi KUA, yaitu, untuk meningkatkan kualitas umat beragama, memperkuat peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan, memperkuat program dan layanan keagamaan dan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan.

Program revitalisasi KUA meliputi rehabilitasi fisik di setiap KUA model. Rehab fisik tersebut dilakukan seperti perubahan layout front office, layout balai nikah dan ruang konsultasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button