Nusantara

Relief Borobudur akan Dijadikan Sendratari

INDOPOSCO.ID – Relief-relief yang terukir di dinding Candi Borobudur bakal dijadikan suguhan sendratari oleh Balai Konservasi Candi Borobudur dengan menggandeng sanggar-sanggar tari di Magelang, Jawa Tengah.

Seksi Dokumentasi dan Publikasi Balai Konservasi Borobudur, Isni Wahyuningsih di Magelang, Kamis (8/4/2021), melalui Antara mengatakan beberapa cerita dalam relief telah dipelajari dan dibuat koreografinya. Candi Borobudur memiliki sekitar 1.200 relief dengan cerita menarik.

“Kami telah mengkaji potensi relief itu dan menginterpretasikan cerita-cerita pada relief itu dalam bentuk tarian. Ada banyak cerita, misalnya Karmawibhangga, Lalitawistara, Jataka Awadana, Gandawyuha dan lainnya,” katanya pada workshop tari relief Candi Borobudur di Balai Konservasi Borobudur.

Ia menuturkan dari cerita-cerita di relief itu, pihaknya telah membuat koreografi-koreografi untuk diwujudkan dalam bentuk tari.

“Hal ini penting, karena pemaknaan dan nilai-nilai di relief itu diberikan pada generasi penerus untuk pembelajaran. Jadi tidak hanya fisiknya yang kami lestarikan, tapi juga nilainya,” katanya.

Menurut dia potensi seni tari dari relief Candi Borobudur sangat banyak. Namun, saat ini baru enam tarian yang sedang dikembangkan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button