Nasional

Reisa: Cuci Tangan Pakai Sabun Lebih Baik daripada Hand Sanitizer

INDOPOSCO.ID – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 serta Duta Perubahan Perilaku dr Reisa Broto Asmoro menegaskan kembali jika membersihkan tangan memakai sabun lebih baik untuk menghilangkan bakteri dibandingkan cairan penyanitasi tangan.

“Jadi anjuran utama yang telah kita tahu dari ribuan tahun lalu, yaitu cara membersihkan tangan yang baik serta benar adalah dengan memakai sabun serta air mengalir. Cuci tangan wajib ada langkahnya, seperti yang sudah saya singgung ada 6 tahap, cuci tangan yang benar selama 20 detik,” tutur Reisa dalam“ Dialog Semangat Selasa” di Media Center KPCPEN, di Jakarta, Selasa (27/7).

Langkah mencuci tangan yang dimaksud Reisa merupakan basahi tangan kemudian gosok kedua telapak tangan menggunakan sabun dengan gerakan memutar, usap serta gosok kedua punggung tangan, gosok sela sela jari, bilas ujung kuku secara bergantian, gosok serta putar kedua ibu jari secara bergantian.

Terakhir letakkan ujung jari ke telapak tangan dan gosok perlahan, setelah itu basuh tangan dengan menggunakan air yang bersih.

Reisa menjelaskan, membersihkan tangan dengan memakai sabun di bawah air mengalir lebih disarankan untuk dilakukan oleh masyarakat dibandingkan memakai​​​​​​cairan penyanitasi tangan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button