Ekonomi

Realisasi Janji Jokowi Soal Start Up Didukung Oleh Pandemi

INDOPOSCO.ID – Pakar keamanan siber Doktor Pratama Persadha mengatakan pada masa pandemi Covid-19 mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan di Indonesia sehingga target 3.500 startup bakal tercapai pada 2024, sebagaimana janji politik Pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

“Bahkan, pada tahun 2021 setidaknya ada 2.219 startup (perusahaan rintisan) di Tanah Air,” kata Ketua Lembaga Riset Keamanan Siber dan Komunikasi CISSReC Pratama Persadha seperti dikutip Antara, Sabtu (5/6/2021).

Sebelumnya, pada acara Debat Calon Wakil Presiden RI di Jakarta, Minggu (17 Maret 2019) malam, K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan target 3.500 startup hingga 2024. Namun, kurang lebih 2 tahun 3 bulan kemudian, jumlah startup mencapai 63,4 persen dari total target. Hal ini, menurut Pratama, disebabkan wabah virus corona yang melanda dunia dan kebutuhan akan solusi digital makin meningkat, termasuk di Indonesia.

Dengan kondisi seperti sekarang ini, lanjut Pratama, tidak semua orang berani keluar membeli makanan. Mereka akhirnya memakai aplikasi pemesanan makanan.

“Tidak semua orang berani keluar naik kereta listrik maupun bus dan angkot, akhirnya memakai aplikasi transportasi online (daring),” kata Pratama yang juga dosen pascasarjana pada Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN).

Bahkan, di sektor pendidikan dan perkantoran, pada akhirnya menggunakan fasilitas daring untuk kegiatan belajar dan rapat. “Ini semua tiba-tiba berjalan cepat dan revolusioner,” kata pria kelahiran Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button