Nasional

PUPR Dukung Karakter Santri dengan Hunian yang Layak

INDOPOSCO.ID – Guna meningkatkan karakter generasi muda bangsa yang unggul dan fokus dalam menuntut ilmu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus membangun Rumah Susun yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah khususnya bagi para Santri, salah satunya adalah Rumah Susun Pondok Pesantren Mahad Utsmani Tafidzu yang dibangun tahun 2019.

Direktur Jenderal Perumahan Khalawi Abdul Hamid mengungkapkan, kebutuhan hunian para santri yang sedang menimba ilmu pengetahuan baik verbal maupun spiritual bisa menjadi langkah yang ditempuh pemerintah untuk dapat menghasilkan SDM yang unggul bagi bangsa dan Negara. “Kami mohon para santri bisa menjaga dan merawat dengan baik bangunan Rusun yang telah dibangun oleh Kementerian PUPR,” ucap Khalawi beberapa waktu lalu.

Rumah Susun Pondok Pesantren Mahad Utsmani Tafidzu yang dibangun terdiri dari 2 lantai tipe barak yang dapat menampung sebanyak 138 santri putri dengan total anggaran sebesar Rp. 7,8 miliar, Rusun tersebut juga dilengkapi dengan air bersih, tempat tidur, kasur, lemari pakaian, area wudhu, dan PSU.

Kepala Sekolah SMP Ilmu Al-Quran di Pondok Pesantren Mahad Utsmani Tafidzu, Dewi Yustika Sari, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian PUPR.

“Terima kasih yang tidak terhingga saya ucapkan kepada Kementerian PUPR karena telah memberikan fasilitas tempat tinggal yaitu Rusun untuk para Akhwat/ Santriwati Pondok Pesantren Mahad Utsmani Tafidzu.
Dulu para santri menempati tempat tidur yang sempit dan hanya mengandalkan kasur lipat dari wali murid dan ditempati bersama-sama, tapi sekarang para santri mendapatkan tempat yang layak untuk mereka istirahat setelah padatnya kegiatan di Pondok,” kata Dewi.

Sebagai Informasi, Sumatera Selatan pada tahun 2019-2020 telah membangun 7 tower Rusun, dan di tahun 2021 akan membangun 5 Tower Rusun diantaranya Rumah Susun Pemkab Ogan Komering Ulu Timur, Rumah Susun ASN BBWS Sumatera VII Kabupaten Banyuasin, Rumah Susun Universitas Sriwijaya Kabupaten Ogan Ilir, Rumah Susun Ponpes Junjungan Sayyid Hanim Kabupaten Oku Timur dan Rumah Susun Ponpes SMP dan SMA Bait Al Quran Kayu Agung Kabupaten OKI.

“Saya senang sekaligus bahagia bisa tinggal di Rusun yang telah dibangun Kementerian PUPR, karena rusun ini juga seperti Apartemen fasilitasnya, jadi membuat kami para santri nyaman ketika beristirahat. Saya berharap Kementerian PUPR juga ke depannya dapat membangun Rusun bagi Santriwan,” ujar Rada Maulina Safira, kelas XI Pondok Pesantren Mahad Utsmani Tafidzu.

Pondok Pesantren Mahad Utsmani Tafidzu terletak di Jalan Lintas Timur Sumatera, Kwabupaten Ogan Komering Ilir, Kecamatan Kayuagung merupakan ponpes yang mendalami ilmu Al quran dibawah naungan Dinas Pendidikan dan telah menghasilkan santriwan/santriwati yang juga menguasai bahasa Arab dan Inggris. (PR/wib)

Sponsored Content
Back to top button