Nusantara

Puluhan Desa di Kalsel akan Jadi Desa Wisata

INDOPOSCO.ID – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mendorong puluhan desa dari 1.864 desa di Provinsi Kalimantan Selatan menjadi desa wisata yang bisa menjadi penggerak ekonomi desa.

“Pada tahun 2020 kita sudah memprogramkan untuk mendorong atau ‘disahkan” bahwa desa A dan desa B sebagai desa wisata. Kita sudah data ada 70 sampai 100 desa sangat berpotensi jadi desa wisata,” ujar perwakilan Kemendes PDTT di Kalsel Mugiharto Wakhmadi, SE seperti dikutip Antara, Senin (31/5/2021).

Menurut Tenaga Ahli Madya SDM Kemendes PDTT Provinsi Kalsel tersebut, ada beberapa indikator sebuah desa bisa menjadi desa wisata misalnya ada obyek yang bisa dijual seperti keindahan alam, budaya masyarakat dan adanya situs bersejarah di lokasi itu. Selain itu juga dukungan infrastruktur dan masyarakat.

“Kriteria ini ada pada puluhan desa di provinsi ini, jika digali dengan baik, di mana ini bisa mendatangkan keuntungan sangat besar bagi kemajuan desa,” katanya.

Dia mencontohkan salah satu desa di Kecamatan Aranio di Kabupaten Banjar yang berada di sekitar Waduk Riam Kanan, memiliki sebuah bukit yang dinamakan Matang Kaladan, dari atas bukit itu dapat dilihat pemandangan alam yang sangat indah, bahkan pemandangan di bawah adanya pemandangan pulau-pulau yang disebutnya Raja Lima, seperti wisata Raja Ampat di Papua Barat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button