Nasional

Pulau Jawa Sumbang Kasus Covid-19 Terbesar, Pemda Diminta Lakukan Hal Ini

INDOPOSCO.ID – Pulau Jawa menjadi penyumbang terbesar angka kasus Covid-19 selama satu pekan terakhir. Dengan total jumlah 21.591 kasus atau setara 53 persen dari kasus nasional.

Terdapat lima provinsi dengan penambahan jumlah kasus positif tertinggi belakangan ini. Meliputi, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Riau dan Kepulauan Riau berkontribusi 61 persen angka kasus mingguan.

“Jika dilihat secara umum, Pulau Jawa menyumbangkan 53 persen dari seluruh kasus Covid-19 nasional selama seminggu terakhir. Ini adalah angka cukup tinggi,” kata Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito melalui keterangan virtual, Jakarta, Selasa (1/6/2021).

Berdasarkan data Satgas Covid-19, secara kumulatif per Senin (31/5), jumlah kasus positif dari enam provinsi di Pulau Jawa mencapai 1.193.097. Sementara total kasus kumulatif secara nasional 1.821.703 kasus.

Tingginya kasus positif di Pulau Jawa disebabkan beberapa faktor. Salah satunya, Jawa merupakan pulau terpadat di Indonesia dengan hampir 145 juta jiwa.

Pulau Jawa juga didominasi kota-kota besar dan faktanya saat ini Ibu Kota DKI Jakarta pun berada di Pulau Jawa.

“Kita baru melewati periode Idulfitri, tidak dapat dilepaskan fakta bahwa Pulau Jawa merupakan destinasi mudik, dengan Jateng merupakan provinsi tujuan mudik terbesar, disusul Jabar dan Jatim,” beber Wiku.

Maka itu, penanganan virus Corona di sejumlah daerah tersebut perlu dibenahi. Seperti koordinasi antarkepala daerah di Pulau Jawa. Sehingga kebijakan bisa berjalan bersamaan.

“Mohon agar segera memperbaiki penanganan (Covid-19) di wilayahnya masing-masing. Seluruh provinsi perlu melakukan konsolidasi antarwilayah,” pesannya.

Seperti memanfaatkan forum komunikasi antar-wilayah di enam provinsi untuk bertemu dan bersama-sama merumuskan penanganan Covid-19 di Pulau Jawa. (dan)

Sponsored Content
Back to top button