Gaya Hidup

Puasa dan Tak Puasa, Imunitas Tubuh Sama

INDOPOSCO.ID – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 diperbolehkan meski penerima sedang berpuasa Ramadan karena tidak ada perbedaan kondisi imunitas tubuh selama berpuasa dengan tidak berpuasa, kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Kathi Swaputri Kancana, Sp.PD.

“Justru menurut para ahli, imunitas kita selama bulan puasa akan lebih meningkat jika dibandingkan ketika tidak berpuasa. Hal tersebut didukung dengan pola makan saat sahur dan buka puasa yang diterapkan dengan baik,” kata dokter dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) itu dalam pernyataan resmi, dikutip Sabtu.

Dokter Kathi Swaputri menambahkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pun disarankan ketika berpuasa. Ia menuturkan, pakar dan kepala laboratorium Universitas Fakeeh Dubai, Dr Paalat Menon, mengatakan selama berpuasa respon imunitas justru akan meningkat dua kali lipat. Sebab, setelah 12 jam pascapuasa, makrofag pada sistem imunitas akan bekerja lebih cepat untuk membersihkan sel-sel mati dalam tubuh.

“Proses tersebut disebut autofagi di mana sistem imun kita menjadi lebih sensitif. Itulah juga mengapa puasa sangat baik untuk pasien-pasien dengan diabetes, tuberculosis, dan penyakit metabolik lainnya,” lanjut dia.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam fatwanya telah menegaskan vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa karena vaksin disuntikkan dan tidak melalui lubang tertentu pada tubuh manusia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button