Nusantara

PT KBS Kerja Sama dengan Polda Banten untuk Pengamanan Lingkungan Kerja

INDOPOSCO.ID – Polda Banten menjalin kerja sama dengan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) terkait penyelenggaraan pengamanan di lingkungan kerja PT KBS.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho bersama Chief Executive Officer (CEO) Krakatau Internasional Port, Akbar Djohan, di ruang Crisis Center Polda Banten, Kamis (2/9/2021)

PT KBS merupakan pengelola pelabuhan yang terletak di Cigading, Kota Cilegon, Provinsi Banten dan terletak di wilayah geografis wilayah Perairan Selat Sunda.

Pelabuhan yang dikelola PT KBS merupakan pelabuhan curah terbesar di Indonesia, diresmikan tahun 1996, memiliki 17 (tujuh belas) dermaga dengan pelayanan kargo mencapai 2 juta ton, dengan panjang dermaga 3.370 meter dan dapat melayani 17 kapal secara bersamaan.

Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan asistensi pembinaan sistem manajemen pengamanan di PT KBS yang dilaksanakan secara periodik. Selain itu juga melakukan pendampingan penegakan hukum apabila terjadi tindak kejahatan serta melaksanakan koordinasi tentang proses penegakan hukum di lingkungan Kerja.

Kegiatan tersebut meliputi pertukaran data dan informasi, bantuan pengamanan, pembinaan manajemen pengamanan, penegakan hukum dan pembinaan masyarakat serta peningkatan sumber daya manusia di bidang pengamanan.

Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho mengatakan perjanjian kerja sama ini dalam rangka upaya menjaga situasi keamanan yang kondusif dalam kegiatan operasional perusahaan dan sebagai upaya bersama untuk melakukan pencegahan, penanggulangan dan penegakan hukum.

“Perjanjian ini bermakna sangat strategis, dikarenakan selain mendukung kebijakan pemerintah dan pembangunan nasional dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Perjanjian ini juga merupakan upaya untuk memperkuat pemeliharaan Kamtibmas dengan menjalin kemitraan dan memperkuat sinergi,” Kata Rudy.

Rudy mengatakan, perjanjian kerja sama ini juga bertujuan untuk terselenggaranya pengamanan yang baik di lingkungan kerja PT KBS.

“Keamanan terjaga dapat mengindentifikasi potensi gangguan, dapat menentukan konfigurasi standar pengamanan dan melakukan audit sistem manajemen pengamanan,” ujarnya.

Rudy berharap dengan adanya kerja sama ini dapat mendukung keamanan PT KBS sebagai international port atau pelabuhan internasional.

Sementara itu, CEO Krakatau Internasional Port (KIP) Akbar Djohan menyatakan bahwa perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk memberikan keamanan di pelabuhan PT KBS sehingga dapat meminimalisir kecelakaan kerja (zero accident).

“Kami yakin dengan tantangan dan ancaman saat ini menjadi hal yang mutlak untuk kami meningkatkan level di bidang keamanan dan keselamatan. Baik keamanan pada kapal yang berlabuh maupun Anak Buah Kapal (ABK) serta kargonya. Oleh sebab itu kami melakukan kerjas ama dengan Polda Banten, ” ujar Akbar.

Akbar berharap, melalui kerja sama ini bisa mencegah ancaman-ancaman yang dapat terjadi, seperti ancaman teroris dan penyeludupan di pelabuhan.

“Dalam MoU (Memorandum of Understanding) ini kami meminta pembinaan dari Polda Banten untuk bisa memberikan standar operasional prosedur (SOP) bagaimana layaknya objek vital yaitu pelabuhan kita yang merupakan aset milik negara,” pungkasnya. (dam)

Sponsored Content
Back to top button