Nusantara

PT Agro Jabar Ekspansi Tanam Jagung di Kabupaten Serang

INDOPOSCO.ID – PT. Agro Jawa Barat (Jabar) melakukan ekspansi dalam bidang pangan di wilayah Kabupaten Serang. Hal itu dalam rangka menjaga ketahanan pangan serta menggeliatkan perekonomian masyarakat kecil di masa pandemi Covid-19.

Komoditas yang akan di tanam adalah jagung, dengan target lahan seluas 12 ribu hektare. Saat ini, PT. Agro Jabar telah melakukan kerjasama dengan PT. Agro Serang Berkah yang merupakan BUMD milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

Direktur Utama PT. Agro Jabar Kurnia Fazar mengatakan, komoditas jagung sangat berpotensi untuk pengembangan usaha petani lokal di Banten. Mengingat dari 17 pabrik pakan di Pulau Jawa, 8 di antaranya terletak di wilayah Serang.

Hal ini merupakan kesempatan emas untuk membangkitkan perekonomian petani. Dengan model pemberdayaan terintegrasi dari pertanian ke industri peternakan, kualitas akan dijaga secara signifikan dibawah manajemen yang tepat guna.

“Dari 17 pabrik pakan di Pulau Jawa, 8 ada di Serang. Logika barang dekat pabrik. Sehingga minim ongkos kirim. Berarti kalau nanam di Serang akan minim ongkos kirim,” katanya saat diwawancara di salah satu kedai di Kota Serang, Jumat (16/4/2021).

Ia mengaku telah memiliki 1000 ton benih jagung siap tanam untuk 12 ribu hekatare. Sedangkan pihak PT. Agro Serang Berkah baru sanggup menyedakan lahan 50 hektare. Atas hal itu, pihaknya membuka luas untuk para petani yang ingin melakukan kerjasma, dengan syarat lahannya sudah siap tanam.

“Kami punya benih siap tanam 1000 ton untuk 12 ribu hektare. Kami minta 1000 hektare ke bu Tatu, tapi siapnya 50 hektare. Kalau mau meningkatkan pendapatan petani menanam jagung di Banten,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button