Ekonomi

Produk Az-Zikra Dipalsukan, ABI Group Tempuh Jalur Hukum

INDOPOSCO.ID – Merasa dirugikan atas pemalsuan produk-produk Az-Zikra, PT Az-Zikra Bersaudara Indonesia (ABI Group) sebagai pemegang merk produk Az-Zikra akan menempuh jalur hukum.

“Saat ini kami masih melakukan rekonsiliasi dan juga penyelesaiannya secara kekeluargaan, namun apabila tidak diindahkan juga maka akan kami lakukan langkah-langkah hukum,” kata Pengacara PT ABI Group Fachri Fachrudin dalam keterangannya, Jumat (28/5/2021).

Dia menegaskan, merk Az-Zikra merupakan hak milik dari Muhammad Ja’far Audah, baik secara pribadi maupun sebagai Komisaris Utama PT ABI Group. Hal itu dibuktikan dengan adanya sertifikat Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) yang dikeluarkan oleh Dirjen HAKI.

Kemenkum Ham RI melalui Dirjen Kekayaan Intelektual u.b. Direktur Merek dan Indikasi Geografis telah menerbitkan Sertifikat dengan Nomor Pendaftaran IDM000523249 Kelas 30, Nomor Pendaftaran IDM000559469 dan Nomor Pendaftaran IDM000579654 Kelas 5.

“PT ABI ini adalah pemilik sertifikat sekaligus pemilik merek Az-Zikra atas beberapa produk madu, habbatussaudah, propolis, kopi, susu kambing dan produk kesehatan lainnya yang telah dikeluarkan oleh Dirjen HAKI Kemenkum HAM RI. Dengan demikian jelas, bahwa produk madu dengan merek Az-Zikra adalah sah milik kami,” jelas Fachri dilansir Antara.

Dikatakannya, proses untuk mendapatkan HAKI merk Az-Zikra tersebut sangat panjang dan tak serta jadi pemilik merk Az-Zikra begitu saja. Fachri juga menjelaskan bahwa produk madu Az-Zikra tidak pernah berganti nama dengan nama lain dan juga tidak pernah berganti kemasan dan tetap berproduksi.

Ia mengakui adanya produk merk Az-Zikra yang dipalsukan di pasaran, sehingga pihaknya menderita kerugian hingga mencapai Rp15 miliar. “Sudah lima pelaku yang kami laporkan ke Polda Jabar dan menyusul akan melaporkan juga ke Polda Metro Jaya,” ujarnya.

Untuk itu pemilik merk Az-Zikra mengingatkan para pelaku pemalsuan untuk menghentikan perbuatannya serta menarik kembali dari peredaran dan memusnahkan produknya. (aro)

Sponsored Content
Back to top button