Internasional

Presiden Tunisia: Tak Ada Jalan untuk Kembali

INDOPOSCO.ID – Presiden Tunisia Kais Saied mengatakan pada Kamis (5/8), tak ada” jalan untuk kembali” dari keputusannya membekukan parlemen dan mengambil alih kekuasaan eksekutif, sebuah langkah yang disebut lawan-lawan politiknya sebagai kudeta.

Berbicara lewat sebuah video yang disiarkan kantornya, Saied juga menolak seruan untuk membicarakan krisis dengan mengatakan” tak ada dialog kecuali dengan kejujuran” dan dialog tak mungkin dilakukan dengan” sel-sel kanker”.

Partai terbesar di parlemen yang berhaluan Islam moderat, Ennahda, yang menjadi lawan paling vokal terhadap langkah-langkah Saied, sebelumnya menyerukan dalam pernyataan untuk menggelar dialog, Kamis (5/8).

Sekitar 11 hari setelah melakukan intervensi, Saied belum menunjuk seorang perdana menteri baru, mengumumkan langkah mengakhiri kedaruratan, atau menyatakan tujuan jangka panjangnya.

Serikat pekerja Tunisia yang berpengaruh, juga Amerika Serikat (AS) dan Prancis, telah mendesak dirinya untuk segera menunjuk pemerintahan baru.

Serikat pekerja itu tengah menyusun peta jalan untuk mengakhiri krisis dan mengatakan akan menyerahkannya kepada Saied.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button