Headline

Presiden Minta Penyaluran Bantuan Banjir NTT dan NTB Dipercepat

INDOPOSCO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar proses evakuasi korban banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) dipercepat.
“Yang ingin saya tekankan yang pertama percepatan proses evakuasi pencarian dan penyelamatan korban yang belum ditemukan,” ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/4/2021).
Jokowi meminta BNPB serta Pemerintah Daerah setempat untuk segera mendata sejumlah titik pengungsian dan memastikan logistik, tenda, hingga dapur umumnya. Kebutuhan dasar para pengungsi, seperti air bersih serta mandi, cuci, dan kakus (MCK) harus segera dipenuhi, terutama kebutuhan bayi dan anak-anak.
“Yang saya tahu pada hari Minggu (4/4/2021), sudah dikirim beberapa bantuan ke Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Tetapi karena cuaca yang sangat ekstrem, bantuan ini belum bisa masuk ke lokasi. Sampai kemarin saya lihat,” tuturnya.
Untuk itu, ia meminta Kepala BNPB, Kepala Basarnas dibantu dengan Panglima TNI dan Kapolri dengan seluruh jajarannya mengerahkan tambahan personel SAR. Sehingga dapat menjangkau lebih banyak wilayah terdampak, termasuk wilayah terisolir dan berbagai gugus pulau di NTT Pulau Alor, Pulau Patar dan pulau-pulau lainnya untuk melancarkan proses evakuasi pencarian dan penyelamatan korban.
Selain itu, ia juga minta menteri PUPR untuk mengerahkan alat-alat berat dari berbagai tempat untuk membuka akses jalan sehingga daerah terdampak bencana bisa diakses dengan baik.
“Saya minta menteri PUPR untuk mengerahkan alat-alat berat dari berbagai tempat dan jika jalur darat masih sulit ditempuh, saya juga minta dipercepat pembukaan akses melalui laut maupun udara,” imbuhnya. (yah)

Sponsored Content
Back to top button