Headline

Presiden Jokowi Dorong Penguatan Sistem Ketahanan Kesehatan Dunia

INDOPOSCO.ID – Presiden RI Joko Widodo mendorong penguatan arsitektur sistem ketahanan kesehatan dunia, baik di negara berkembang maupun di negara maju.

“Kita harus menyusun mekanisme baru penggalangan sumber daya kesehatan dunia, termasuk untuk pembiayaan darurat kesehatan dunia yang antara lain untuk pembelian vaksin, obat, dan alat kesehatan,” kata Presiden Jokowi dalam acara Global Covid-19 Summit yang digelar secara virtual, Kamis (23/9/2021).

Menurut Presiden Jokowi, standar protokol kesehatan global harus segera disusun agar standar di semua negara bisa sama. “Standar itu antara lain mengatur tentang perjalanan lintas batas negara,” ucap Presiden seperti dikutip Antara.

Selanjutnya Presiden Jokowi juga menyerukan agar negara berkembang harus diberdayakan menjadi bagian dari solusi. “Kapasitas manufaktur lokal harus dibangun agar kebutuhan vaksin, obat- obatan, serta alat kesehatan bisa tersedia secara cepat dan merata di seluruh dunia. Indonesia berkomitmen dan mampu menjadi bagian dari rantai pasok global,” kata Presiden.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button