Headline

Presiden: Gunakan Cara Luar Biasa untuk Dalami Nilai Pancasila

INDOPOSCO.ID – Presiden Joko Widodo mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan pendalaman nilai-nilai Pancasila dengan menggunakan cara luar biasa.

“Saudara-saudara sebangsa setanah air, menghadapi semua ini perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa, diperlukan cara-cara baru yang luar biasa,” kata Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (1/6).

Presiden menyampaikan hal itu saat memberikan amanat dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021. Presiden sendiri mengenakan pakaian adat dari Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, berupa jas hitam, ditambah sarung tenun hijau yang melingkar di pinggang dan tutup kepala senada dengan kain tenun.

Upacara dilakukan “hybrid” yaitu Presiden Jokowi mengikuti dari Istana Kepresidenan Bogor, sedangkan pasukan melangsungkan upacara di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri Jakarta sementara para pejabat negara mengikuti upacara dari tempat masing-masing.

“Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0 dan sekaligus Pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan,” ujar Presiden, dikutip dari Antara.

Menurut Presiden Jokwoi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi “landscape” kontestasi ideologi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button