Nusantara

PPKM Mikro Diperpanjang, Perjalanan Lintas Provinsi Tanpa Surat Bebas Covid-19 Wajib Dikarantina 5 Hari 

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memperpanjang status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro terhitung sejak  tanggal 1 hingga 14 Juni 2021. Keputusan itu tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) nomor 12 tahun 2021.

Dalam Ingub itu menyebutkan, PPKM Mikro dilakukan dengan mempertimbangkan kriteria zonasi di tingkat RT (Rukun Tetangga). Posko tingkat Desa dan Kelurahan memiliki fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung pelaksanaan penanganan Covid-19.

Pembatasan tempat kerja atau perkantoran dengan menerapkan Work From Home (WFH) sebesar 50 persen dan Work from Office (WFO) sebesar 50 persen dengan memberlakukan protokol kesehatan secara lebih ketat. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring atau online dan luring (offline) atau tatap muka.

Tetapi untuk perguruan tinggi, dibuka secara bertahap dengan proyek percontohan yang ditetapkan dengan Peraturan Daerah (Perda) atau Peraturan Bupati atau Wali Kota, dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Untuk restoran, dilakukan pengaturan pemberlakuan pembatasan kegiatan restoran makan di tempat sebesar 50 persen. Sementara untuk pusat perbelanjaan dilakukan pembatasan jam operasional sampai dengan pukul 21.00 WIB. Tempat ibadah diizinkan untuk dilaksanakan dengan pembatasan kapasitas sebesar 50 persen.

Khusus untuk wilayah yang masuk dalam Zona Oranye dan Zona Merah, kegiatan masyarakat di fasilitas umum dilarang dan pengaturan lebih lanjut diserahkan kepada Pemerintah Daerah. Apabila terdapat pelanggaran, dilakukan penegakan hukum dalam bentuk penutupan.

Kemudian, Masyarakat yang melakukan perjalanan lintas provinsi, kabupaten, kota tanpa memiliki dokumen administrasi perjalanan tertentu, maka harus dilakukan karantina selama 5 hari di  posko desa atau kelurahan. Biaya karantina dibebankan kepada masyarakat yang melakukan perjalanan tersebut. (son)

Sponsored Content
Back to top button