Megapolitan

PPKM Level 4 Diperpanjang, Wagub DKI Minta Prokes Jangan Kendor

INDOPOSCO.ID – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Pulau Jawa dan Bali kembali diperpanjang hingga 16 Agustus. Sejumlah daerah masih menjalankan kebijakan itu, salah satunya DKI Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, ibu kota masih masuk dalam daerah yang akan menerapkan PPKM Level 4 untuk menekan angka penularan Covid-19.

“Jakarta kan tetap level 4, namun ada pelonggaran-pelonggaran rumah ibadah dan mal, pusat perbelanjaan,” kata Riza di Jakarta, Senin (9/8/2021) malam.

Nantinya bakal mengatur teknis pembukaan tembat ibadah maupun pusat perbelanjaan itu, dengan ketentuan Instruksi Mendagri.

Sementara, untuk pembukaan pusat perbelanjaan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Asosiasi Pengelola Mal.

“Tentu harus ada sertifikasi, nanti ada QR Code-nya bagi yang comorbid ada surat keterangan, bagi anak-anak di bawah 12 tahun kan tidak boleh. Jadi sudah diatur, sudah didiskusikan antara asosiasi dan dinas pariwisata,” jelasnya.

Keputusan memperpanjangan PPKM Level 4 selama satu pekan diharapkan dapat kembali menurunkan laju penularan Covid-19 di Jakarta secara signifikan.

“Kita bersyukur bahwa BOR di Jakarta turun terus sudah mencapai 39 persen RS, kemudian ICU 65 persen. Ini pertanda baik, untuk itu jangan kendor, harus waspada jangan abai laksanakan prokes secara ketat,” imbaunya.

Pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang PPKM Level 4 di Pulau Jawa-Bali mulai Selasa (10/8/2021) hingga 16 Agustus 2021. Itu berdasar hasil rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo. (dan)

Sponsored Content
Back to top button