Nusantara

Posko Penanganan Darurat Banjir Diaktifkan, Korban Banjir di Nias Utara Bertahan di Rumah

INDOPOSCO.ID – Banjir yang dipicu hujan dengan intensits tinggi mengakibatkan debit air Sungai Muzoi, Ehau dan Tumula meluap dan merendam 500 unit rumah warga. Ketinggian muka air hingga 200 cm.

Diketahui, ada empat kecamatan yang terdampak banjir tersebut, yaitu Kecamatan Lahewa Timur, Alasa, Lotu dan Sitolu Ori.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Utara Herman mengatakan, ada dua kecamatan paling terdampak, yaitu Kecamatan Lahewa Timur dan Sitolu Ori. Untuk melakukan upaya penanganan darurat, posko di tingkat kabupaten telah diaktifkan pos lapangan.

“Kami telah mendirikan pos pengungsi guna membantu masyarakat melakukan aktivitas pembersihan dan menyediakan kebutuhan pangan,” katanya, Ahad (15/8/2021).

Saat ini, korban banjir masih bertahan di rumah masing-masing. Aktivitas mobilisasi warga dapat menggunakan perahu karet.

“Para warga masih bertahan di rumah masing-masing sehingga kami menyediakan perahu karet untuk membantu mobilisasi masyarakat serta evakuasi ke tempat yang telah kami sediakan,” ungkapnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button