Megapolitan

Polres Metro Tangerang Kota Selidiki 23 Aduan Pungli Bansos

INDOPOSCO.ID – Polres Metro Tangerang Kota saat ini tengah menyelidiki 23 aduan dari masyarakat berkaitan dengan kasus pungutan liar (pungli) bantuan sosial (bansos) dari pemerintah.

“Kami sudah komunikasikan ke Pak Wali Kota Arief R. Wismansyah. Mereka-mereka yang namanya sudah terlampir kami lakukan penyelidikan ke dalam,” ujar Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Deonijiu de Fatima, Minggu (1/8/2021).

Deonijiu menjelaskan ke-23 aduan itu disampaikan ke layanan pengaduan yang dibuat oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang pada Kamis (29/7/2021) lalu.

Layanan itu dibuat usai Kementerian Sosial (Kemensos) menemukan adanya praktik pungli yang dialami penerima bansos di Karang Tengah, Kota Tangerang, Rabu (28/7/2021).

Deonijiu menjelaskan 23 aduan tersebut membahas soal pungli yang ada di beberapa wilayah di Kota Tangerang. Ia berharap, dapat segera mengungkap oknum yang melakukan pungli atas bansos tersebut.

“Korban pungli bansos lainnya dapat segera melapor kepada kepolisian untuk diusut. Warga yang tidak menerima bansos tapi mengetahui adanya pungli, diharapkan dapat melapor kepada kepolisian. Kalau ada yang mengetahui dan korbannya silakan lapor saja. Kami akan tegakkan hukum kepada mereka yang melakukan pelanggaran ini,” ujarnya

Lebih jauh Deonijiu menjelaskan, hasil dari pemeriksaan sementara, empat orang di antara lima orang yang telah diperiksa mengaku telah menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) sejak 2018.

Sementara itu, satu penerima lainnya baru menerima bantuan satu kali pada 2021. Padahal, dia telah terdaftar sebagai penerima PKH sejak 2017.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button