Politik

Golkar Terancam Tak Bisa Usung Airin di Pilgub Banten, Ini Penyebabnya

INDOPOSCO.ID – Pengamat politik Ikhsan Ahmad mengatakan, fenomena ditinggalkannya Partai Golongan Karya (Golkar) oleh sejumlah partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan Koalisi Perubahan tidak lepas dari sikap bakal calon gubernur Airin Rachmi Diany yang menolak dipasangkan dengan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Andra Soni.

Selain itu, menurutnya, bersatunya KIM dan Koalisi Perubahan dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Banten diduga sebagai simbol perlawanan terhadap dinasti Atut (Ratu Atut Chosiyah, mantan Gubernur Banten) yang sudah lama berkuasa.

“Kabarnya salah satu King Maker di Golkar akan merajai kembali pengelolaan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) dan jalannya pemerintahan di Banten ke depan jika Airin terpilih sebagai gubernur,” ungkap Ikhsan, dalam keterangannya, Minggu (7/7/2024).

Namun demikian, lanjutnya, terlalu gegabah juga untuk mengatakan bersatunya KIM dan Kolasi Perubahan di Pilgub Banten adalah simbol perlawanan terhadap politik keluarga yang diusung Golkar.

“Karena bisa jadi hal ini disebabkan belum bertemunya sifat dan kepentingan pragmatisme antarpartai pada tujuan kepentingan yang sama antara Golkar dan partai lainnya,” ucap Ikhsan.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button