Headline

Polisi Tangkap Dua Mafia Tanah di Tangerang

INDOPOSCO.ID – Dua pelaku mafia tanah berinisial DM (48) dan MCP (61) ditangkap Polres Metro Tangerang Kota.

Kedua pelaku mafia ini mengincar tanah seluas 45 hektare di kawasan Alam Sutera, Pinang, Kota Tangerang.

“Kasus yang terjadi di wilayah hukum Kota Tangerang di Alam Sutera, cukup luas, 45 hektare,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus didampingi Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Deonijiu de Fatima saat konferensi pers, Selasa (13/4/2021).

Yusri mengatakan kejadian mafia tanah tersebut sudah lama, bahkan sudah pernah dilakukan eksekusi saat itu. Ia menceritakan kronologi pengungkapan dua mafia tanah itu.

Ia menjelaskan, DM dan MCP memiliki peran masing-masing dalan perkara tanah tersebut.

Niat jahat mereka dimulai dengan cara saling menggugat untuk menguasai tanah tersebut di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang.

“Tersangka DM menggugat perdata tersangka MCP. Ini bentuk mafia mereka,” ujar Yusri.

Aksi saling gugat di sidang perdata itu dilakukan sebagai bentuk perlawanan ke perusahaan atau warga yang ada di sekitar tanah tersebut.

“Sesama mereka, satu jaringan, mereka saling gugat untuk bisa menguasai tanah tersebut untuk melawan perusahan atau warga masyarakat di situ,” ujar Yusri.

Keduanya melakukan gugatan perdata pada April 2020. Satu bulan kemudian, tepatnya pada Mei 2020, hasil sidang perdata berujung damai.

Para tersangka langsung berencana untuk mengakuisisi tanah seluas 45 hektare itu.

Cara mengakusisinya, pada Juli 2020, kedua tersangka menyewa organisasi masyarakat untuk melawan perusahaan atau masyarakat setempat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button