Nasional

Polisi Buru 5 DPO Tembakau Sintetis

INDOPOSCO.ID – Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Selatan mengejar lima pelaku yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) sindikat narkotika jenis tembakau sintetis setelah polisi membekuk sembilan pelaku di Pandeglang, Banten, Kota Bogor dan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

“Kami akan kejar terus, mau sampai lubang tikus pun akan kami kejar,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus di Polres Metro Jakarta Selatan seperti dikutip Antara, Senin (31/5/2021).

Polisi mengungkap dua inisial dari lima DPO tersebut, yakni G dan P dengan peran yang berbeda. G merupakan otak atau aktor utama sekaligus pengendali pemasaran hingga media sosial.

Ia menyebut sembilan pelaku yang ditangkap sebelumnya tidak saling mengenal satu sama lain termasuk dengan G.

Selain G, ada juga DPO lain berinisial P sebagai pengendali produksi dan pengendali kamera pengawas atau CCTV. “Bahkan dia punya kode-kode melalui CCTV yang melapor ke atas, ke P ini,” katanya.

Sedangkan DPO lainnya memiliki peran beragam mulai dari tukang masak/racik, kurir, hingga kaki tangan lainnya yang kini dalam pengejaran.

Yusri menyebut selain sebagai sindikat, jaringan tembakau sintetis itu merupakan kartel perdagangan gelap narkotika yang dikendalikan oleh anak-anak muda.

Indikasinya, mengingat sembilan pelaku yang ditangkap sebelumnya memiliki rentang usia 20-24 tahun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button