Headline

Polemik TWK, Komnas HAM Kembali Periksa Delapan Pegawai KPK

INDOPOSCO.ID – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) kembali memeriksaan terhadap anggota Wadah Pegawai (WP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada, Rabu (2/6/2021).

Pemeriksaan itu perihal laporan dugaan pelanggaran HAM dalam pelaksanaam tes wawasan kebangsaan (TWK) untuk alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara.

“Tim Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM kembali akan melakukan pemeriksaan untuk pendalaman pegawai KPK,” kata Sekretaris Tim Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Endang Sri Melani di Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Ia menuturkan pendalaman keterangan ini bertujuan, menggali karakteristik dan dinamika pola kerja dan hubungannya dengan Tes Wawasan Kebangsaan.

“Komnas HAM berharap dapat memeriksa delapan orang, termasuk pengurus WP-KPK,” ujar Endang.

Satu dari delapan pegawai lembaga antirasuah yang diperiksa ialah Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Penyelidik KPK Harun Al-Rasyid. Pemeriksaan ini merupakan lanjutan setelah beberapa hari pada Senin (31/5/2021).

“Diharapkan, peristiwa yang terjadi, baik terkait proses, latar belakang, pola kerja, hukum dan prosedurnya akan semakin jelas dan terang,” ujar Endang.

Komnas HAM juga telah melakukan pemeriksaan terhadap enam orang pengurus WP KPK pada, Senin (31/5/2021). Serta pegawai KPK lain, termasuk penyidik senior KPK Novel Baswedan pada Jumat (28/5).

Pemeriksaan itu perihal proses dan substansi Tes Wawasan Kebangsaan. Sebelumnya, Komnas HAM bakal menyelidiki kepatuhan KPK dalam pemenuhan standar dan norma hak asasi manusia terkait kebijakan TWK.

Hal tersebut dilakukan setelah Komnas HAM mendapatkan laporan dari Wadah Pegawai KPK soal 75 pegawa (dan)i, yang dibebastugaskan setelah tidak lolos TWK.

Sponsored Content
Back to top button