Nusantara

Polda NTT Dalami Asal-usul Kendaraan Tanpa Dokumen yang Ada di KMP Ranaka

INDOPOSCO.ID – Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur saat ini tengah mendalami asal-usul 14 unit kendaraan roda dua yang ditemukan tanpa dokumen lengkap saat dimuat di atas truk ekspedisi saat datang di Kupang dengan KMP Ranaka pada Minggu( 11/ 7) malam.

“Kasus ini masih didalami, guna mencari tahu siapa sebenarnya yang bertanggung jawab dengan masuknya sejumlah kendaraan tanpa dokumen lengkap itu,” kata Kabid Humas Polda NTT Kombes Rishian Krisna B seperti dikutip Antara, Senin (12/7/2021).

Hal ini disampaikan berkaitan dengan kasus ditemukannya sejumlah kendaraan bermotor di Pelabuhan Bolok Kupang, setelah adanya laporan dari masyarakat.

Ia menjelaskan bahwa saat ditemukan kendaraan ekspedisi itu memuat 34 unit kendaraan roda dua. Dari total 34 unit itu 20 unit dinyatakan memiliki dokumen lengkap sementara sisanya tak memiliki dokumen yang lengkap.

Saat ini belasan kendaraan bermotor itu sudah diamankan sementara di markas Polda NTT untuk dilakukan pendalaman atas kasus itu. Sopir truk yang membawa kendaraan bermotor itu juga saat ini sudah diperiksa.

“Dari hasil pemeriksaan sementara sejumlah kendaraan roda dua bekas itu diselundupkan dari Jakarta. Entah mau diselundupkan ke Timor Leste atau tidak, sedang didalami lebih lanjut,” tambahnya.

Lebih lanjut, kata dia, berdasarkan kronologis kejadian yang didapat Rishian menjelaskan bahwa pada hari Minggu( 11/ 7) sekitar sekira pukul 02.00 Wita, tim Unit Resmob Polda NTT mendapat informasi dari masyarakat bahwa di dalam kapal penumpang KMP. Ranaka terdapat Truck Ekspedisi yang memuat banyak kendaraan bermotor.

“Menindaklanjuti informasi tersebut sekitar pukul 03.00 Wita. Tim unit Resmob Polda NTT dipimpin oleh Ipda Enos B.Bili bergerak menuju TKP di Pelabuhan Penumpang Bolok, Kota Kupang. Kemudian sekitar pukul 05.30 Wita. KMP Ranaka bersandar di pelabuhan penumpang Bolok dan tim melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan 1 mobil Truk Ekspedisi dengan nopol DK 8120 GI yang dicurigai mengangkut kendaraan bermotor tanpa dokumen yang lengkap”, jelas Kabid Humas Polda NTT.

Selanjutnya Mobil Truk Ekspedisi itu digiring ke Mako Polda NTT untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (mg3/wib)

Sponsored Content
Back to top button