Megapolitan

Polda Metro Amankan 36 Bus Langgar PPKM Darurat

INDOPOSCO.ID – Polda Metro Jaya mengandangkan 36 bus antarkota yang ketahuan melanggar aturan PPKM Darurat. Pelanggaran ke-36 bus tersebut beragam, mulai dari pelanggaran trayek hingga pemalsuan tes swab PCR.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, pelanggaran serupa sebelumnya sudah sering terjadi namun masih saja ada yang nekat melanggar. “Ini yang kami sayangkan, masih saja ada oknum-oknum memalsukan PCR, kartu vaksin, swab antigen untuk bisa berangkat tanpa melalui tes,” kata Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu.

Dikatakan Yusri Yunus, untuk angkutan umum yang beroperasi, ada beberapa aturan yang harus ditaati sesuai SE Menteri Perhubungan No 43/2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri.

“Itu juga sudah ada di dalamnya aturan untuk kendaraan umum jarak jauh, harus memiliki PCR, surat antigen, atau kartu vaksinasi minimal 1 kali vaksin,” kata Yusri Yunus.

Sejauh ini, penyidik masih mendalami pelanggaran apa saja yang dilakukan ke-36 armada bus tersebut. Setelah itu baru ditentukan sanksi apa saja yang pas untuk perusahaan pemilik armada tersebut.

“Sanksi tidak bisa langsung kita berikan karena tilangnya berjalan,” tambah Yunus.

Yusri pun menegaskan bahwa pihak kepolisian akan terus melakukan penindakan kepada PO yang melanggar ketentuan perjalanan untuk angkutan darat selama masa PPKM Darurat. (bro)

Sponsored Content
Back to top button