Nusantara

Polda Banten Tutup Dua Lubang Tambang di Gunung Liman Baduy

INDOPOSCO.ID – Aktivitas penambangan ilegal di Gunung Liman Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, Banten akhirnya ditutup Polda Banten. Kayu, cangkul dan tenda disita sebagai barang bukti.

Saat melakukan pengecekan di lokasi, petugas menemukan dua lubang tambang dengan kedalaman 2 meter. Aktivitas tambang itu berada di kawasan wewengkon adat kasepuhan Cibrani yang juga masuk hutan sakral adat Baduy.

Direskrimsus Polda Banten Kombes Pol Joko Sumarno mengatakan, tidak ada aktivitas penambangan saat satgas Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) melakukan pengecekan ke lokasi.

”Untuk di Gunung Liman sendiri memang ada bekas aktivitas penambangan, namun aktivitas kegiatan sudah tidak ada. Hingga pada saat ke lapangan ya tinggal tendanya, kita lakukan pembongkaran sekitar 14 April, seminggu yang lalu sebelum video itu viral,” katanya saat ditemui di Mapolda Banten, Jumat (23/4/2021).

Sejauh ini, pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk menangkap warga yang melakukan penambangan di kawasan sakral Baduy. Penamabangan itu sangat meresahkan warga adat karena khawatir berdampak pada bencana alam.

”Karena kami cek ke lapangan tidak ada aktivitas dan berkomunikasi dengan tokoh dan masyarakat setempat untuk memberikan informasi kalau ada kegiatan kembali dan terakhir kami mengecek dan tutup. Kembali kita laksanakan penyelidikan,” terangnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button