Nusantara

PN Medan Vonis Mati Kurir Sabu 41,8 Kg

INDOPOSCO.ID – Terdakwa Tantra Surya Dewangsa (20) warga Tuban, Provinsi Jawa Timur dijatuhi hukuman mati di Pengadilan Negeri (PN) Medan, karena diyakini terbukti bersalah selaku kurir narkoba jenis sabu-sabu seberat 41,835 kg.

Majelis Hakim PN Medan diketuai Syafril Batubara, dalam amar putusannya, di PN Medan, Rabu, mengatakan terdakwa melakukan secara tanpa hak dan melawan hukum menawarkan, menjual, dan sebagai perantara dalam jual beli Narkotika Golongan I yang beratnya melebihi 5 gram.

Tidak hanya itu, menurut majelis hakim, hal-hal yang memberatkan, perilaku terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam membasmi penyebaran narkotika. Sedangkan, hal-hal yang meringankan tidak ditemukan pada diri terdakwa.

“Aksi terdakwa melanggar Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” ujar ketua majelis hakim Safril Batubara.

Sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) Nurhayati Ulfa menuntut hukuman mati kepada terdakwa Tantra Surya Dewangsa, sebab terbukti memiliki 41,835 kg sabu-sabu.

Jaksa menuturkan, terdakwa ditawarkan pekerjaan oleh Joni (DPO) untuk jadi kurir narkoba. terdakwa menyanggupinya, dan Joni membelikan hp untuk menghubungi Pablo (DPO) pemilik sabu-sabu.

kemudian, pada Jumat (4 September 2020) terdakwa dihubungi Pablo, dan menyuruhnya menuju ke Kota Medan, Sumatera Utara untuk menemui Subiyanto (DPO) di Hotel Swiss Bell In, di Jalan Gajah, Medan dalam rangka menerima penyerahan sabu-sabu milik Pablo.

Jaksa menjelaskan, terdakwa kemudian menerima perintah dari Pablo menyiapkan 23 bungkus sabu-sabu, dan memasukkannya ke dalam tas koper untuk disimpan di Hotel Cordela. Tidak lama berapa lama kemudian, terdakwa ditelepon seseorang mengaku bernama Hadi, dan menyuruhnya datang ke Hotel Cordela.

Disaat akan memasuki kamar 609 Hotel Cordela, aparat kepolisian langsung membekuk terdakwa, dan memintanya untuk memberitahukan penyimpanan sabu-sabu.

Aparat menemukan 23 bungkus sabu-sabu diletakkan di bawah tempat tidur di Hotel Cordela.

“Di Hotel Swiss Bell kamar 209, aparat pula menemukan 17 bungkus sabu-sabu. Aparat kepolisian mengambil barang bukti jumlah keseluruhannya 40 bungkus sabu-sabu seberat 41,835 kg, dan membawa terdakwa ke kantor kepolisian untuk proses hukum lebih lanjut,” ujar jaksa Nurhayati Ulfa. (mg2)

Sponsored Content
Back to top button