Nasional

PKS Tak akan Biarkan Ada Upaya Otoriterianisme

INDOPOSCO.ID – Jika ada upaya-upaya untuk memutar balik haluan kehidupan berbangsa dan bernegara untuk kembali ke rezim otoriterianisme, maka hal itu telah mengkhianati semangat dan cita-cita reformasi.

Pernyataan tersebut di atas diungkapkan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu, Selasa (20/4/2021). Menurut Syaikhu, sebagai bangsa hal itu tidak boleh dibiarkan terjadi.

Dia menegaskan, PKS lahir dengan semangat ingin mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih demokratis. Oleh karena itu, menurutnya PKS akan berjuang sekuat tenaga untuk menjaga dan merawat fitrah demokrasi di Indonesia.

“PKS akan menjadi penjaga demokrasi, bersama rakyat dan kekuatan masyarakat sipil, kami pastikan roda perjalanan bangsa sesuai dengan prinsip demokrasi dalam UUD 1945,” tegasnya.

Sikap oposisi PKS terlahir, menurutnya, bukan karena ingin asal beda. Tetapi sikap oposisi lahir, karena satu kesadaran kebangsaan yang kokoh bahwa demokrasi yang sehat membutuhkan kekuatan penyeimbang.

Dia mengingatkan, semangat reformasi adalah semangat untuk memberikan kemandirian politik dan ekonomi kepada daerah. Bagi PKS, desentralisasi dan otonomi daerah bukan hanya terkait perimbangan kekuasaan pusat dan daerah, tetapi ini adalah komitmen kebangsaan untuk membangun NKRI.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button