Nasional

PKA Bentuk Penyelenggara Pemerintahan Berkualitas

INDOPOSCO.ID – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Muhammad Hudori menjelaskan, pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) yang diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri untuk membentuk karakter kepemimpinan para penyelenggara pemerintahan yang berkualitas.

“Karakter itu seperti memiliki integritas yang unggul dan kemampuan manajerial yang andal sehingga dengan upaya ini bisa membangun penyelenggara pemerintahan yang efisien serta inovatif,” tutur Hudori saat pembukaan PKA di Lingkungan Kemendagri secara virtual, Senin (2/8).

Hudori menyatakan jika dalam momen pembelajaran itu para partisipan PKA di Lingkungan Kemendagri itu akan mendapatkan penanaman pondasi yang kuat.

“Selama pembelajaran inilah Saudara (para partisipan) akan mendapatkan penanaman pondasi yang kuat untuk membentuk karakter pemimpin penyelenggara pemerintahan yang mempunyai integritas unggul dan kemampuan manajerial yang andal,” jelas Hudori.

Hudori menegaskan apa yang sudah ditekankan Presiden Joko Widodo terkait pondasi baru untuk aparatur sipil negara (ASN) yang dinamakan Core Values ‘BERAKHLAK’, yaitu Berorientasi Pelayanan; Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, serta Kolaboratif.

Ia menjelaskan pembelajaran akan dilakukan dengan banyak memanfaatkan teknologi digital secara synchronous serta asynchronous. Synchronous sendiri merupakan pembelajaran daring secara langsung menggunakan aplikasi telekonferensi, sedangkan asynchronous yaitu proses pembelajaran daring yang memberikan bahan ajar serta pengerjaan tugas secara tidak langsung.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button