Nusantara

Pinjaman Pemprov Banten ke PT SMI Berbunga

INDOPOSCO.ID – Tahun 2021 ini Pemerintah Provinsi Banten melakukan pinjaman ke PT SMI sekitar Rp4,1 triliun, rencananya digunakan untuk pemulihan ekonomi masyarakat Banten akibat dampak pandemi Covid 19, tetapi sampai saat ini apa yang dimaksud dengan pemulihan ekonomi, apa programnya dan apa prioritasnya tidak jelas, nampaknya hanya omong kosong belaka. Diduga pinjaman tersebut ditahun ini juga belum ber agreement. Hal ini diungkapkan Akademis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten, Ikhsan Ahmad, kepada Wartawan, Kamis (4/3/2021).

“Menurut Kepala BPKD Provinsi Banten tidak perlu agreement, benarkah..? Padahal pinjaman tahun 2020 saja ber- agreement sebesar Rp800 miliar lebih. Seperti orang linglung, walau belum beragreement sudah masuk ke dalam struktur APBD 2021 dengan potensi bunga yang tinggi pula,” kata Ikhsan.

Dikatakannya bahwa Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor: 179/PMK.07/2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 105/PMK.07/2020 Tentang Pengelolaan Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional Untuk Pemerintah Daerah, dalan pasal 2 ayat (3) point “b” dijelaskan: “untuk dana pinjaman yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2021 dan tahun-tahun berikutnya dan perjanjian pinjaman ditandatangani pada tahun 2021 dan tahun-tahun berikutnya, tingkat suku bunga ditetapkan dengan Keputusan Menteri Keuangan.

“Artinya karena Pemprov Banten belum agreement, dimungkinkan akan terkena atau adanya bunga. Berdasarkan informasi yang kami himpun, diduga bunga pinjaman dari PT SMI kurang lebih 5,4%. Jika pinjaman Provinsi Banten terealisasi sebesar Rp4,1 triliun dengan jumlah bunga tersebut maka beban bunga yang ditanggung pertahunnya adalah sekitar Rp221 miliar,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button