Nasional

Pilot Project Percepatan Redistribusi TORA untuk Pemanfaatan Tanah Lebih Optimal

INDOPOSCO.ID – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggelar, rapat koordinasi pilot project percepatan redistribusi tanah obyek reforma agraria (TORA) dari kawasan hutan berbasis penataan agraria berkelanjutan.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan itu ialah sebagai upaya percepatan penyedian TORA dari pelepasan kawasan hutan, untuk ditindaklanjuti dengan penataan aset dan akses dengan berbagai pendekatan.

Seperti pengembangan metode dan pendekatan baru untuk percepatan penyediaan TORA dari pelepasan kawasan hutan, serta percepatan redistribusi tanah telah terintegrasi dengan pemberdayaan masyarakat penerima.

“Pendekatan metode penataan aset dan penataan akses dengan didukung penataan tata guna tanah, sehingga penggunaan dan pemanfaatan tanahnya optimal dan lestari (sustainable),” kata Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra di Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Dalam pilot project tersebut, pentingnya kajian potensi pemberdayaan (analisa ekonomi, sosial dan lingkungan) dan uji coba program pemberdayaan masyarakat, termasuk didalamnya korporasi petani.

“Percepatan pengukuran dan penetapan batas TORA di lapangan, serta penerbitan SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” tutur Surya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button