Nusantara

Pilkades Serentak di Kabupaten Serang Kembali Ditunda

INDOPOSCO.ID – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021 di Kabupaten Serang kembali ditunda.

Penundaan tersebut berdasarkan Surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia Nomor 141/3351/BPD tentang hal penundaan pelaksanaan pilkades serentak dan pergantian antar waktu (PAW) pada masa perpanjangan penerapan PPKM level 4.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Panitia Pilkades Serentak Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri mewacanakan pilkades dengan sistem pemungutan suara keliling ke rumah-rumah atau tempat pemungutan suara (TPS) keliling.

“Karena jika kita melihat kesehatan di masyarakat kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir,” ujarnya usai Rapat Koordinasi pelaksanaan Pilakdes Serentak tahun 2021 di Aula KH. Syam’un pada Jumat (23/7).

Kemudian, lanjut Entus, dalam Inmendagri Nomor 23 Tahun 2021 bisa melaksanakan asalkan kondisi kesehatan di daerah diukur selama 23 pekan atau sampai akhir 2021.

“Sementara kebutuhan kita, kebutuhan masyarakat terutama para calon kades yang menghendaki agar segera dilaksanakan pemungutan suara, sedangkan kita hanya tinggal dua tahapan lagi,” terang Entus.

Tubagus Entus Mahmud Sahiri yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Serang ini memastikan, jika tetap dilaksanakan dengan wacana TPS keliling bisa berjalan lancar. Sebab, untuk masa kampanye pun pihaknya memastikan tidak masalah karena dilakukan secar virtual.

“Ini tinggal pemungutan suara saja, maka kita wacanakan pemungutan suara suara dengan TPS keliling kepada masyarakat pemilih,” ungkapnya.

Diketahui, pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Serang rencana awal digelar pada 11 Juli diundur dengan diberlakukannya PPKM Darurat menjadi tanggal 1 Agustus. Berdasarkan Surat dari Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia tertanggal 21 Juli 2021 pun kembali ditunda. (yas)

Sponsored Content
Back to top button