Headline

Pidato Ketua MPR dan Ketua DPD Dituding Kayak Pejabat Humas

INDOPOSCO.ID – Pidato Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattaliti dalam Sidang Tahunan MPR layaknya pernyataan pejabat humas. Pernyataan tersebut diungkapkan Pengamat Komunikasi Politik M Jamiluddin Ritonga melalui gawai, Senin (16/8/2021).

Ia menilai praktis dalam pidato Bamsoet dan La Nyalla sejalan dengan pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahkan keduanya mengapresisi Jokowi yang mampu menjaga keseimbangan sektor kesehatan dan ekonomi dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Padahal, selama ini kritik banyak ditujukan kepada Jokowi karena kebijakannya dalam penanganan Pandemi Covid-19 yang menekankan pendekatan kesehatan dan ekonomi. Akibatnya, Pandemi Covid-19 tak kunjung dapat diatasi hingga saat ini,” terangnya.

Jadi, praktis tidak ada kritik yang dilontarkan Bamsoet dan La Nyalla terhadap Jokowi. Padahal bangsa ini dalam satu tahun terakhir mengalami krisis kesehatan, krisis ekonomi, dan belakangan sudah mengarah kepada krisis sosial.

Bahkan, lanjut dia, penanganan korupsi praktis tidak disentuh sama sekali, baik oleh Jokowi maupun Bamsoet dan La Nyalla. Padahal masalah korupsi dan persoalan KPK terus menerus mendapat sorotan dari berbagai elemen masyarakat.

“Masalah pengangguran yang terus meningkat akibat banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) dan pekerja yang dirumahkan selama pandemi Covid-19 juga tidak disentuh,” ucapnya.

Bamsoet justru, lanjut dia, menekankan perlunya amandemen terbatas UUD 1945 untuk menjadi landasan Pokok Pokok Haluan Negara (PPHN). Amandemen yang katanya sudah mendapat persetujuan Jokowi ini juga diaminkan La Nyalla.

“Jadi, sempurnalah Bamsoet dan La Nyalla memerankan layaknya pejabat humas. Bamsoet dan La Nyalla seolah memberi dukungan sepenuhnya kepada Jokowi,” ungkapnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button