Nusantara

Petugas Retribusi di Gunung Kidul Halau Ribuan Wisatawan yang Masuk

INDOPOSCO.ID – Petugas retribusi dan Tim Pencarian dan Penyelematan Satuan Perlindungan Masyarakat Wilayah I Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menghalau ribuan wisatawan yang akan berlibur di wilayah tersebut sejak Sabtu (14/8) hingga hari ini.

Seperti diketahui, seluruh objek wisata di Gunung Kidul, baik yang dikelola pemerintah dan desa wisata ditutup sementara sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 3 Juli 2021.

“Calon pengunjung yang akan berwisata ke Gunung Kidul, khususnya di wilayah operasional SAR Satlinmas Wilayah I sangat luar biasa jumlahnya. Namun kami tetap konsisten menutup objek wisata pantai selama masih diberlakukan PPKM,” kata Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Gunung Kidul Sunu Handoko di Gunung Kidul, AHad (15/8).

anymind

Ia mengatakan calon wisatawan yang dihalau merupakan dari luar DIY. Bahkan yang paling jauh adalah kendaraan dengan plat nomor L (Surabaya). Semua calon pengunjung dapat terhalau atau bisa diimbau untuk putar balik dan tidak memasuki kawasan wisata.

“Regu SAR pula senantiasa mengamanatkan pada calon wisatawan buat biar esok kala PPKM berakhir, memrogramkan berwisata ke objek- objek darmawisata Gunung Kidul. Kita berlega hati calon wisatawan bisa paham serta senantiasa taat kepada ketentuan yang terdapat. Apalagi mereka merespon imbauan dengan bagus,” tuturnya, dikutip dari Antara.

Ia berspekulasi, dalam seminggu jumlah calon wisatawan yang dimohon putar balik menggapai ribuan. Kemarin menjelang siang telah terdapat ratusan calon wisatawan dimohon balik kanan.” Pada umumnya mengemudikan cakra 2 berboncengan serta cakra 4,” tuturnya.

Sedangkan itu, Sekretaris Biro Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukomono berkata sepanjang PPKM tingkat 4 berjalan semua area darmawisata di Gunung Kidul ditutup sedangkan. Kebijaksanaan dicoba untuk mensupport penyusutan laju penyebaran Covid-19.

“Kita menaati ketentuan yang jadi kebijaksanaan penguasa. Kita pula mengetahui keamanan seluruh merupakan perihal penting,” tuturnya. (arm)

Sponsored Content
Back to top button