Internasional

Pesawat An-28 Rusia Mendarat Darurat

INDOPOSCO.ID – Kerusakan mesin menyebabkan pesawat Antonov An-28 milik Rusia mendarat darurat di Siberia dalam kondisi terbalik pada Jumat (16/7/2021). Tidak satu pun dari 18 penumpangnya terluka serius dalam kejadian itu.

Kekhawatiran atas nasib pesawat penumpang kecil itu meningkat setelah pesawat dilaporkan hilang dalam penerbangan dari kota kecil Kedrovy ke Kota Tomsk pada Jumat. Tim penyelamat telah dikerahkan untuk mencari penyintas di area hutan dekat pesawat yang rusak.

“Sekitar 10 menit terbang, kedua mesin pesawat berhenti berfungsi,” kata Komite Investigasi Rusia seperti dikutip Antara, Sabtu (17/7/2021). Dia menambahkan bahwa pesawat itu terbalik saat berusaha mendarat darurat di sebuah lokasi berjarak sekitar 70 km dari Kedrovy dan semua penumpang telah dievakuasi dengan selamat.

Seorang pilot mengalami retak pada tulang kaki dan seorang penumpang remaja dirawat akibat benturan keras, namun penumpang yang lain hanya mengalami luka memar. Penyelidikan telah mengambil sampel bahan bakar dan dokumen penerbangan, serta membawa suar pencari lokasi darurat dari pesawat itu untuk diselidiki lebih lanjut.

Insiden ini terjadi kurang dari dua pekan pasca pesawat Antonov An-26, terjatuh dan menabrak tebing akibat jarak pandang yang buruk di Semenanjung Kamchatka. Dalam insiden itu semua 28 penumpangnya tewas.

Standar keselamatan penerbangan Rusia telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, namun sejumlah kecelakaan, terutama yang melibatkan pesawat tua masih terjadi. (wib)

Sponsored Content
Back to top button