Nasional

Pertanyaan Survei Lingkungan Belajar Jangan Bermuatan SARA

INDOPOSCO.ID – Desain Survei Lingkungan Belajar (DSLB) dalam Asesmen Nasional (AN) untuk para guru dan kepala sekoah menuai polemik. Pasalnya, dalam survei yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset, Teknologi (Kemendikbudristek) tersebut dinilai bermuatan SARA.

Anggota Komisi X DPR Fraksi Demokrat Debby Kurniawan menilai, Desain Survei Lingkungan Belajar (DSLB) dalam Asesmen Nasional (AN), khususunya terhadap Kepala Sekolah dan Guru sangat tendensius dan bermuatan SARA.

“Kami mengingatkan Kemdikbudristek agar membuat survei yang tidak bersifat tendensius kepada guru dan kepala sekolah,” kata Debby Kurniawan di melalui gawai, Senin (26/7/2021).

Dia mengatakan, sebaiknya dalam survei tersebut dimasukkan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan ke-Indonesia-an serta kesepahaman atas kearifan lokal yang ada. Sehingga, bisa berkontribusi menciptakan harmoni dalam proses belajar-mengajar.

“Kami sangat menyayangkan variabel-variabel dan pertanyaan dalam survei untuk guru dan kepala sekolah ini,” ujarnya.

Menurut dia, pertanyaan dan variabel dalam survei lingkungan belajar untuk guru dan kepala sekolah tersebut harus dicabut dan dievaluasi. Sebab bisa menjadi pelunturan atas karakter bangsa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button