Ekonomi

Pertamina Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem di NTT

INDOPOSCO.ID – PT Pertamina (Persero) mengatisipasi dampak cuaca ekstrem berupa hujan deras yang merata hampir di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) selama dua hari. Cuaca buruk tersebut berdampak pada jalur distribusi bahan bakar minyak (BBM) di beberapa wilayah.

Beberapa daerah dengan potensi terdampak di antaranya Pulau Adonara, Kabupaten Malaka Bagian Barat dan Kabupaten Timor Tengah Bagian Selatan.

Untuk itu, sejak Sabtu (3/4/2021), Pertamina menyiagakan langkah antisipasi untuk penyaluran BBM bagi masyarakat. Ini di antaranya sudah disiapkan pola distribusi alternatif dalam kondisi cuaca ekstrem seperti saat ini.

“Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kompak No 56.862.02 beserta satu lokasi Agen Minyak Tanah (AMT) terkena banjir. Empat Mobil Tangki (MT) untuk distribusi BBM juga terjebak dalam banjir tersebut. Namun kemarin (Minggu, 4/4/2021, red) produk minyak tanah sebanyak 10 Kilo Liter (KL) sudah dapat disalurkan di kawasan Kota Adonara,” tutur Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Marketing Region Jatimbalinus, Deden Idhani dalam keterangannya, Senin (5/4/2021).

Selain itu, pihaknya juga akan memulihkan jalur pengiriman BBM ke Pulau Adonara dari Fuel Terminal (FT) Larantuka di Pulau Flores, namun menunggu perizinan dari syahbandar untuk menempuh jalur laut yang dinyatakan aman.

Dia menyebut, putusnya akses utama jembatan Benenai, di Kab. Malaka Bagian Barat, Pulau Timor juga memiliki potensi menghambat penyaluran BBM ke SPBU Kompak No 56.857.01 di Wewilu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button